Opini : Mengapa Kualitas Kinerja Guru Berpengaruh Terhadap Mutu Pendidikan?

Oleh : Meike Anggraini dan Ayu Pramesty, Mahasiswi Prodi PGSD, FKIP  Universitas Muhammadiyah Babel. 

Pada dasarnya kinerja guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan mutu pendidikan. Namun, ada faktor lain yang menjadi pengaruh rendahnya kualitas mutu pendidikan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mutu pendidikan di Indonesia tergolong rendah. Yaitu, sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, adanya pendidik yang tidak profesional yang menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan bidangnya, kesejahteraan guru yang masih rendah, kesempatan pemetaan pendidikan masih rendah, keterkaitan Pendidikan dan kebutuhan masih rendah, dan biaya pendidikan yang mahal.

Hal penting yang dibahas dalam tulisan ini adalah kualitas kinerja gurunya dengan adanya faktor tersebut lembaga pendidikan harus berupaya meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan-pelatihan yang efektif. Kinerja guru yang sesuai dengan 4 kompetensi guru, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dapat membentuk tenaga pendidik yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah. 

Dengan demikian, kinerja guru yang profesional dapat memberikan dampak positif dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang seharusnya. Untuk mencapai tujuan ini, lembaga pendidikan harus mengajak pendidik untuk mengikuti program pelatihan yang berfokus pada pengembangan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola pembelajaran, mengembangkan potensi siswa, serta meningkatkan profesionalisme mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Apakah program pelatihan bagi guru itu penting?

Program ini sangat penting dan bermanfaat bagi guru karena guru merupakan suatu bagian yang paling penting dalam proses pendidikan, dan kemampuan guru dalam mengajar, mengelola kelas, dan mengalirkan siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kinerja guru yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui beberapa cara yaitu, guru dengan kinerja yang baik dapat menyusun rencana pembelajaran yang efektif, memastikan siswa memahami materi yang diajarkan dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 

Guru juga dapat memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar untuk meningkatkan minat siswa dan memperluas wawasannya. Tidak hanya itu para guru juga dapat mengembangkan potensi kognitif siswa dengan menumbuhkan pemikiran kritis dan analitis, dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, dan mengedepankan penalaran yang logis.

Selain itu, guru yang baik dapat melakukan evaluasi dan penilaian secara efektif, untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami materi yang diajarkan dan memenuhi indikator ketercapaian dalam pembelajaran. Mereka juga dapat mengembangkan karakter siswa dengan mengajarkan nilai-nilai moral dan etika, serta meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya kerjasama, disiplin, dan tanggung jawab. Para guru ini dapat meningkatkan profesionalisme mereka dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi, serta dapat meningkatkan keterampilan mengajar dan manajemen kelas.

Dengan adanya aspek-aspek ini, kinerja guru yang berkualitas tinggi akan meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan, sehingga menghasilkan hasil siswa yang lebih baik dan sistem pendidikan yang lebih efektif.

Dalam beberapa penelitian, kualitas kinerja guru ditemukan memiliki hubungan yang erat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Guru perlu memiliki keahlian dalam mengajar pada bidangnya kepada peserta didik untuk meningkatkan pembelajaran. Serta, kualitas kinerja guru sangat berpengaruh terhadap mutu Pendidikan. Guru yang memiliki kualitas kinerja yang lebih baik dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan cara mengembangkan kemampuan siswa dan meningkatkan profesionalisme mereka sendiri. Dengan adanya upaya peningkatan kualitas kinerja guru melalui pelatihan, sertifikasi program, dan pengembangan profesionalisme guru, sehingga Dmembentuk sumber daya manusia yang berhasil dan unggul agar dapat berdedikasi terhadap implikasi positif bagi perkembangan mutu Pendidikan. Dalam meningkatkan mutu Pendidikan, maka beberapa hal harus didorong sebagai bentuk upaya memaksimalkan mutu Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *