Pj Gubernur Safrizal Beri Penghormatan untuk Pahlawan

PANGKALANBARU, KATABABEL.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA, hadir dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya, Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, pada Sabtu (17/8/2024).

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.01 WIB tersebut merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

Pj Gubernur Safrizal tiba di lokasi bersama sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seperti Ketua DPRD Kep. Babel Herman Suhadi, Kapolda Irjen Pol Hendro Pandowo, Wakajati Riyono, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, perwakilan Danlanal, yaitu Danpos Pangkalbalam Kapten Laut (P) Agus Nugroho.

Hadir juga pada apel tersebut yakni Danlanud H.AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Dian Bashari, Kepala BIN Daerah Jusak Tarigan, Ketua Pengadilan Tinggi Suwidya, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Fery Apriyanto, dan jajaran vertikal di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel.

Kapolda Irjen Pol Hendro Pandowo bertindak selaku inspektur upacara. Suasana khidmat terasa selama berlangsungnya renungan suci. Prosesi diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, di antaranya unsur TNI (59 orang), Polri (10 orang), pejuang rakyat (20 orang), pahlawan tak kenal (2 orang), dan hansip (1 orang).

Kemudian, dibacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara. Setelahnya, Kapolda Hendro Pandowo memimpin prosesi mengheningkan cipta. Dilanjutkan dengan penyalaan obor/lampu, doa bersama, dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Pawitralaya.

Sementara itu, Pj Gubernur Safrizal menyatakan penghormatan tertinggi bagi para pahlawan revolusi, hingga pahlawan tanpa nama yang telah menyerahkan jiwa dan raga untuk menjemput kemerdekaan, dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami menyampaikan hormat sebesar-besarnya atas perjuangan, dan keridaan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan nyawa demi nusa dan bangsa. Dengan semangat kepahlawanan mereka, kita terus mengisi pembangunan menuju cita-cita Indonesia yang maju, dan sejahtera. Dengan kerja keras, dan kerja sama semua unsur, insyaallah tercapai,” pungkasnya.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *